Indonesia | EnglishMon, 10 December 2018  
Top Header Projects...
 
Berita & Artikel
Gairah Bisnis Kondotel

Pasar properti di Tanah Air kian semarak dengan berbagai pilihan produk investasi. Salah satu investasi yang kini banyak diminati adalah kondominium hotel atau kondotel. Kondotel menawarkan pendapatan pasif yang menggiurkan di tengah pertumbuhan pusat bisnis dan pariwisata.

Berbeda dengan apartemen sewa, kondotel tampil murni sebagai produk investasi yang menawarkan model pemilikan unit kondominium untuk dikelola seperti hotel. Investor tak perlu repot memikirkan bagaimana mengoperasikan atau mencari penyewa karena unit yang sudah dibeli akan dikelola oleh operator hotel.
Model investasi kondotel juga memiliki perbedaan dibandingkan dengan rumah tinggal (landed house). Jika investor rumah menitikberatkan keuntungan modal (capital gain) dari kenaikan harga jual rumah, investasi kondotel mengedepankan keuntungan rutin dari nilai sewa unit.

Kondotel menawarkan nilai sewa 8-12 persen dari nilai investasi per tahun selama masa jaminan sewa (rental guarantee). Selepas masa jaminan sewa berakhir, pendapatan sewa bagi investor akan bergantung pada kinerja operasional hotel secara keseluruhan yang mempengaruhi pembagian keuntungan tahunan antara pemilik dan operator hotel.
Sebagai instrument investasi, kondotel tampil sebagai pesaing bisnis hotel dan terus berkembang seiring pertumbuhan ekonomi Indonesia, meluasnya jumlah wisatawan, dan kegiatan bisnis. Pemilik kondotel juga mendapat hak menginap di unit miliknya sekitar 21 poin hari setiap tahun.
Kekayaan daerah wisata di Indonesia dengan pertumbuhan kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri adalah potensi yang menggiurkan bagi bisnis kondotel. Namun, patut diingat, lokasi bukan satu-satunya penentu keberhasilan investasi kondotel. Faktor yang tak kalah penting adalah kualitas operator hotel yang menjadi daya tarik hunian.


Selamat berinvestasi dengan bijak!


Ditulis dari berbagai sumber oleh:

Adhitya, S.E.

Marketing Executive



RayWhiteTomang.com | 17 October 2013
 
This page took 0.016 seconds to produce.
Copyright © 2009 Ray White Tomang, raywhitetomang.com, All rights reserved.
Dilarang Menyalin Sebagian atau Seluruh Isi Tanpa Pemberitahuan kepada Ray White Tomang.
Powered by Jejala